Friday, November 22, 2013

Akibat Angan-angan panjang

Assalamu ‘alaikum sahabat blogger.  Bagaimana keadaannya?, semoga Allah senantiasa melindungi kita dari fitnah di dunia dan menjaga kita dri api neraka, amin...
Oke, pada kesempatan kali ini saya akan memostingkan dengan tema “BAHAYANYA BERANGAN-ANGAN PANJANG” langsung saja kita mulai pembahasan ini.
Dalam problematika seperti ini, imam ghozali telah berkata:
Anga-angan yang berlebihan akan menyebabkan kita pada empat perkara:
Yang pertama, meniggalkan ketaatan, alasan mereka “suatu saat pasti aku kerjakan, tapi aku masih banyak waktu, maka dari itu aku melakukannya pada waktu-waktu yang aku sukai (waktu aku sudah tua) dengan alasan yang sperti ini akan juga menimbulkan perara yan kedua yaitu diasaat berbuat kesalahan alias dosa pastilah akan menundan atau tidak bergegas bertaubat alasan mereka hamper sama yaitu “aku pasti bertaubat, tapi aku masih muda, usiaku masih dini kesempatan untuk bertaubat ada di depanku, karena aku masih mudah dan pasti berumur panjang serta pastilah mampu untuk aku melakukannya”. Lantas apakah kalian tidak mengetahui? Bahwa maut datan secara tiba-tiba dan memaksa bahkan merenggut jiwa sebelum ia sempat memperbaiki amalnya. Kemudian, akibat yang ketiga ialah timbulnya rasa hedonisme (mengumpulkan harta) serta menyibukkan diri dengan urursan duniawi dari pada urusan ukhrowi dalam hal ini mereka berlasan bahwa “aku takut melarata di masa yang akan datan, karena terkadan aku akan merasa lemah untuk berkerja dan berusaha. Karena itu mau tidak mau aku harus memiliki harta yang banyak yan bias di disimpan sebagai jaminan saat sakit, saat da hari lansia atau saat aku di timpa kamiskinan”. Karena inilah yang membuatnya semakin cinta dunia dan menjadi rakus bahkan hidupnya hanya untuk mencari rezeki. Mereka pun mengaku  “ Aku bias berpakaian sepuasnya, untuk musim dinin, ini untuk musim panas aku berharap berumur panjang. Kebutuhan dimsa tua renta akan semakin banyak. Karena itu aku harus kaya dari orang lain dengan cara apapun dan tanpa memerdulikan siapapun”.
Yang terakhir ialah membuat hati membatu dan melakukan kehidupan akhirat, karena hidup mereka sudah terkepung dengan kesibukan dunia, dan dengan inilah mereka melupakan kematian dan alam kubur opini mereka ialah ketika dunia ini sudah meresa sudah di dapatkan dengan mudah dan merasa sealanya sudah ada di tangannya seakan-akan dia akan hidup selama-lamanya padahal itu mustahil, karena dia(orang yang berangan-angan) serta dunia ini hadis yaitu segala sesuatu yang pasti rusak dan musnah akan waktu, lebih tepatnya yaumul akhir.
Hal seperti ini juga si sampaikan sahabat ali bin abi thalib:
“dua hal yang paling aku takutkan pada diri kalian, panjang angan-angan dan mengikuti hawa nafsu. Ketahuilah, bhwa panjang angan-angan bias membuat diri lupa akan akhirat, sedangkan menikuti hawa nafsu bias menghalangi diri dari kebenaran. Denan demikian seluruh tema pembicaraanmu akan mnarah pada urusan dunia, memikirakan bagaimna caranya agar bias bertahan hidup di tengah piku-piku dunia, dan sebaainya. Akhirnya hati menjadi keras dan membatu. Selain itu, panjang angan-angan juga bias membuatmu sedikit meningat allah menunda-nuda taubat, banyak bermaksiat, rakus mngeraskan hati, dan tambah lalai. Bergegsalah dan kmbalilah kepada Allah jika tidak, makaAllah tak akan memuliakanmu, man alai keadaan yang lebih buruk dari ini, dan mana lagi kelalaian yang lebih besar dari ini?, kelembutan dan kehalusan hati bias didapat dengan mengingat kematian, (ingat) kedatangannya tiba-tiba(ajal), alam kubur(pahala¬kenikmatan¬ ataupun siksa¬pedih¬)
Dari 2 qoul tersebut dapatlah kita ambil hikmah(pelajaran) yaitu:
“kita haruslah yakin kepada Allah bahwa semua yang ada pada diri kita dan didunia ini sudah ada yang mengaturny hal ini allah sudah menjelaskan didalam firmannya

Dialah yang menjadikan untuk kalian seluruh yang ada di bumi kemudian Dia menuju langit, maka Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (Al-baqarah:29)
Ayat tersebut terdapat kata  ما " “ dalam kajiannya ialah apa yang ada (Nampak) dan apa yang tiada (hoib). Yang perlu ditekankan disini ialah terhadap yang ghoib, dia harus ditanam dalam keyakinan (yaitu) bahwa Allah itu adalah pengasih dan penyayang. Buktinya ia mengadakan manusia dan ia juga mnjadikan ala ini hanya untuk menusia, karena dengan inilah (keyakinn)kunci dari cara membuka ketentraman jiwa dalam menjalani dan menjalankan hidup dan penghidupan serta dalam mencari dan mencapai wujud hidup dan kehidupan yang sejati itu. Alquran menerangkan tentang ini dalam
Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya. Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia.(Al-Hajj:65) kalau sudah tertanama keyakinan maka tidak aka nada tempat kebimbanan apapun, baik kelansungan hidup ataupun yang lainnya.
Mak dari itu kita sebagau muslim haruslah husnudldlon kepada Allah dan harus yakin kepadanya. Serta ingatlah bahwa angan-angan yang panjang itu hanya sebuah konsepsi yang peing indah tapi dibaliknya sangatlah menyakitkan yaitu timbulnya rasa-ras yang buruk diantanya  hedonism egoism, siyirik (karena mendewakan/mentuhan nafsuI) bahkan dia relakan kenikmatan akirat demi kepentingan duniawi saja. Dalam istilah hal ini dinamakan الدنيا مزرعة لاخرة dengan demikian yang kita tanam haruslah benih-benih unggul (yaitu kebaikan) didalamnya karena besok pastilah tumbuh menjadi tanaman/tumbuhan yan bagus dan pastilah berbuah yang enak juga dan janganlah sampai menanam sebliknya, karena esok patilah kalian akan merui, pasti dan Allah tidak pernah melanggar janjinya.

Description: Akibat Angan-angan panjang Rating: 4.5 Reviewer: Masykur ItemReviewed: Akibat Angan-angan panjang
Written by: Muhammad Masykur
EL-MAMBATS Updated at: 12:07 AM

Silahkan untuk mencopy paste artikel diatas dan menyebarluaskannya dengan syarat harus menyertakan link sumber pada blog ini, baca Police Privacy untuk lebih jelasanya.

DMCA.com
Protected by Copyscape Online Copyright Checker

Baca Artikel Terkait :

Berlangganan Via Email

click here or enter email below

Comments
0 Comments

Post a Comment

Powered by Blogger.

 
Back to Top